CALON PENGHUNI SURGA


CALON PENGHUNI SURGA.  Semua manusia di dunia ini, baik yang beragama ataupun orang yang tidak beragama sekalipun, bila meninggal pasti menginginkan masuk surga.  Namun nyatanya tidak semua umat manusia bakal masuk surga.

 

Sangat beruntunglah manusia-manusia yang kelak akan masuk surga.  Namun Allah Maha Adil.  Ternyata surga pun dibuatNya dalam beberapa tingkatan.  Setiap tingkatan akan menunjukkan tingkat keimanan, ketaqwaan,  amalan shaleh selama mereka hidup di dunia, dan lain-lain.

Berikut saya sampaikan nama-nama surga, tingkatan, dan calon-calon penghuninya:

1.      SURGA FIRDAUS

Dijadikan dari emas yang merah.  Dalam al-quran surat Al-Mukmin ayat 1-11, dijelaskan bahwa surga ini untuk orang-orang yang khusuk shalatnya, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara shalatnya

2.      SURGA ‘AND

Diciptakan dari intan putih.  Penghuninya yaitu orang-orang yang bertaqwa kepad Allah ( baca surat An Nahl ayat 30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh ( surat Fathir ayat 32-33 ), menginfakkan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan ( surat Ar Ra’ad ayat 22-23 )

3.      SURGA NAIM
Dijadikan dari perak putih.  Diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertaqwa kepada Allah dan beramal shaleh ( surat Al Qalam ayat 34, Luqman ayat 8, Yunus ayat 9, Al Haj ayat 56 )

4.      SURGA MA’WA

Diciptakan dari jamrud hijau.  Adalah tempat orang-orang yang bertaqwa kepada Allah ( An Najm ayat 15 ), beramal shaleh ( As Sajdah ayat 19 ), serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsunya ( An Naziat ayat 40-41 )

5.      SURGA DARUSSALAM
Diciptakan dari yakut merah.  Penghuninya yaitu orang-orang yang kuat iman dan islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh.

6.      SURGA MUQAMAH

Dijadikan dari permata putih.  Dihuni orang-orang yang kuat iman islamnya, banyak berbuat kebajikan, dan jarang berbuat kesalahan

7.      SURGA AL-MAQAMUL AMIN

Diciptakan dari permata putih.  Kediaman orang-orang yang bertaqwa ( surat Ad Dikhan ayat 51 )

8.      SURGA KHULDI

Diciptakan dari marjan merah dan kuning.  Dihuni oleh orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. ( surat Al Furqaan ayat 15 )

Rosululloh bersabda :  “ Surga terdiri seratus tingkatan.  Antara tingkat yang satu dengan yang lainnya berjarak seperti antara bumi dan langit.  Dan tingkatan tertinggi adalah surga Firdaus.”  Hadist riwayat Abi Said Al Khudri.

Menurut hadir yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, surge memiliki 8 pintu dari emas yang ditaburi mutiara.  Pintu-pintu tersebut adalah:
1.      Pintu untuk para Nabi, Rosul, syuhada, dan dermawan
2.      Pintu bagi orang-orang yang mendirikan shalat degan menyempurnakan syarat rukunnya dan wudhunya
3.      Pintu buat orang-orang yang mengeluarkan zakat dengan kebersihan jiwa
4.      Pintu untuk orang-orang yang memerintah kebaikan dan melarang kemunkaran
5.      Pintu orang-orang yang mencegah hawa nafsu syahwat
6.      Pintu buat orang-orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah
7.      Pintu bagi para ahli jihat
8.      Pintu bagi orang-orang yang bertaqwa, berbakti kepada orang tua, dan menyambung tali persaudaraan.
Ituah sobat, tingkatan-tingkatan, nama-nama, serta peruntukan surga yang dibuat oleh Allah  swt.

Tapi ingatlah sobat, dalam menjalankan ibadah JANGANLAH KARENA MENGHARAPKAN SURGA, TETAPI CARILAH KERIDHOAN ALLAH, LILLAHHI TA’ALA.
JANGANLAH MENGHARAPKAN SURGA, TETAPI KITA INGIN:  “ ASAL DARI ALLAH MAKA AKAN KEMBALI KEPADA ALLAH”.  “ INNA LILLAHI WA INA ILAIHI ROZIUN ”.    ALLAH AKAN MENEMPATKAN KITA DI SURGA TINGKATAN YANG MANA, ADALAH  HAK  ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalo mau berkomentar silahkan saja....yang penting ada masukan buat sayanya ya?